Spiga

Lanjutan

BAB II
LANDASAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN
A. Landasan Teori
1. Teori Belajar
Teori Piaget menjelaskan bahwa kemampuan intelektual manusia terjadi karena beberapa faktor yaitu:
a. Kematangan
b. Pengalaman logika-matematika
c. Transmisi sosial
d. Penyeimbangan
Pemanfaatan teori Piaget.
a. Memusatkan pada proses berfikir atau proses mental
b. Mengutamakan siswa terlibat secara aktif
c. Memaklumi perbedaan individu
Tahap proses belajar menurut Bruner sebagai berikut.
a. Tahap enaktif
b. Tahap ikonik
c. Tahap simbolik
2. Pembelajaran
Gagne dan Briggs (1979) mendefinisikan pembelajaran sebagai suatu rangkaian events (kejadian, peristiwa, kondisi, dsb) yang secara sengaja dirancang untuk mempengaruhi pebelajar, sehingga proses belajarnya dapat berlangsung dengan mudah.
3. Mengajar
Joyce, Weil dan Showers (1992) menyatakan bahwa mengajar (teaching) adalah membantu siswa memperoleh informasi, ide ketrampilan, nilai, cara berfikir, sarana untuk mengekspresikan dirinya, dan cara-cara bagaimana belajar.
4. Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching)
Menurut Paulina Pannen (2000:1 dalam Amin Suyitno) melalui pembelajaran diharapkan siswa mengembangkan kemauan belajar mandiri, siswa memiliki pengetahuan untuk mengembangkan kemauan belajar mandiri, siswa memiliki pengetahuan untuk mengembangkan pengetahuannya sendiri, dan guru cukup berperan sebagai fasilitator, mediator dan manager dari proses pembelajaran.
5. Pembelajaran Matematika
Tujuan pembelajaran matematika sebagai berikut.
a. Melatih siswa untuk berpikir, bernalar, kritis, logis, sistematis dan mampu memecahkan masalah dalam kehidupan
b. Mampu menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari
6. Alat Peraga
Dengan alat peraga maka :
a. Proses belajar mengajar termotivasi.
b. Konsep matematika akan tersajikan dalam bentuk konkret.
c. Hubungan konsep abstrak matematika dengan benda-benda di alam sekitar akan lebih mudah dipahami.
7. Penilaian Kelas pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Aspek penilaian matematika sebagai berikut.
a. Pemahaman Konsep
b. Penalaran dan Komunikasi
c. Pemecahan Masalah
8. Materi Volum Bangun Ruang
a. Volum kubus
b. Volum balok
c. Volum prisma
d. Volum limas
B. Kerangka Berpikir
1. Matematika berperan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
2. Matematika memiliki obyek abstrak maka perlu alat serbia.
3. Pembelajaran Reciprocal Teaching dapat melatih anak belajar mandiri.
C. Hipotesis Tindakan
"Melalui pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) yang menggunakan alat peraga sebagai alat bantu dapat meningkatkan ketrampilan proses dan hasil belajar matematika materi pokok bangun ruang pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 9 Salatiga tahun pelajaran 2006/2007".

0 comments: