Spiga

Lanjutan 4

BAB V
PENUTUP
A. Simpulan
1. Ketrampilan proses dalam pembelajaran siklus I dan siklus II berturut-turut 75,75% dan 81,66%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan pada ketrampilan proses dalam pembelajaran.
2. Hasil belajar siswa pada nilai rata-rata siklus I dan siklus II berturut-turut 67,3 dan 70,0 serta Ketuntasan klasikal siklus I dan siklus II berturut-turut 70,27% dan 91,89%. Hal tersebut menunjukkan tercapainya peningkatan pada hasil belajar.
B. Saran
Berdasarkan simpulan di atas, maka peneliti menyarankan pada penyampaian materi volum bangun ruang hendaknya menggunakan alat peraga karena sifatnya yang abstrak sehingga dengan alat serbia penyampaian konsep-konsepnya lebih mudah dipahami siswa. Untuk ketrampilan proses berfikir siswa hendaknya menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching (pembelajaran berbalik) atau semacamnya seperti model tutor sebaya sehingga dapat melatih siswa belajar mandiri serta proses pembelajaran menjadi menarik dan menyenangkan.

0 comments: