Spiga

Lanjutan 3

BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian
Siklus I
1. Pengamatan Guru
masih terfokus siswa aktif dan masih ada kelompok pasif.
2. Pengamatan Siswa
Hasil pengamatan merangkum 82,16%, presentasi 62,7%, dan kerja kelompok 82,4% diperoleh rata-rata ketrampilan proses siswa 75,75%.
3. Hasil Penelitian
Nilai rata-rata tugas individu 74,32. Nilai tugas kelompok 70,625 dan tes akhir siklus 67,30 dengan Ketuntasan 100% pada tugas individu dan tugas kelompok, sedangkan tes akhir siklus 70,27%.
4. Refleksi
a. Dalam merangkum 13,5% tidak membuat simpulan yaitu 5 siswa dari 37 siswa.
b. Dalam mengkuti kegiatan pembelajaran Reciprocal Teaching 33 dari 37 siswa aktif.
c. Keaktifan siswa secara umum sudah baik.
d. Ketuntasan kelas 70,27%.
Siklus II
1. Pengamatan Guru
Kegiatan pembelajaran berlangsung sudah baik dengan nilai A.
2. Pengamatan Siswa
Hasil pengamatan merangkum 91,89%, presentasi 63,24% dan kerja kelompok 89,86% diperoleh rata-rata ketrampilan proses siswa yaitu 81,66%.
3. Hasil Penelitian
Nilai rata-rata tugas individu 79,05, nilai tugas kelompok 75,25 dan tes akhir siklus 70,00 dengan Ketuntasan 100% pada tugas individu dan tugas kelompok, sedangkan tes akhir siklus 91,89.
4. Hasil Angket
Hasil angket siswa menunjukkan pembelajaran berbalik membuat siswa lebih mandiri. Materi lebih mudah dipahami, dan suasana lebih menyenangkan.
B. Pembahasan
Ketrampilan siswa dalam tugas merangkum, presentasi, dan kerja kelompok dari siklus I ke siklus II meningkat 5,91%. Hal ini berarti indikator ketrampilan proses siswa secara klasikal tercapai.
Nilai rata-rata tugas individu, tugas kelompok dan nilai akhir siklus meningkat. Sesuai indikator peneliti yaitu nilai rata-rata kelas lebih dari atau sama dengan 60 dan Ketuntasan klasikal tes akhir siklus minimal 75% dari jumlah siswa, maka indikator tercapai.
Secara keseluruhan dari hasil angket menunjukkan siswa lebih mandiri dan semangat dalam belajar dan tidak membosankan.
Pembelajaran dengan memanfaatkan alat peraga dalam metode pembelajaran berbalik memiliki keuntungan yaitu:
a. Menanamkan rasa tanggung jawab
b. Menumbuhkan rasa menghargai orang lain
c. Meningkatkan keaktifan siswa dan guru
d. Menanamkan minat dan motivasi siswa
e. Menanamkan sikap belajar mandiri
Dari hasil penelitian secara keseluruhan dapat diartikan bahwa pemanfaatan alat peraga bangun ruang dengan metode Reciprocal Teaching pada materi volum bangun ruang pada kelas VIII D SMP Negeri 9 Salatiga tahun pelajaran 2006/2007 dipandang berhasil mencapai tujuan yang diharapkan.

0 comments: